Kamis, 12 Maret 2015

Kenali Hipertiroid dan Gejalanya

Nuelnews.blogspot.com - Pernahkah anda mendengar hipertiroid? Mungkin Hipertiroid memang terdengar asing bagi kita.Hipertiroid adalah penyakit yang terjadi karena faktor kelebihan produksi pada kelenjar tiroid tersebut. Penderita penyakit hipertiroid mengalami pembesaran sekitar dua sampai tiga kali dari ukuran biasanya. Karena arti tirotoksikosis tidak berbeda jauh dengan hipertiroid. Tiroitoksitosis adalah kelebihan pada hormon tiroid yang tidak pasti diproduksi oleh kelenjar tiroid.

Jumlah produksi hormon tiroid yang diproduksi setiap orang tidaklah sama, namun gejala yang dialami pada setiap orang sama


Hipertiroid adalah tolak ukur  dalam menentukan gejala dan tanda-tanda yang berhubungan dengan produksi hormon tiroid yang berlebihan yang biasanya ditandai dengan munculnya penyakit gondok.

Beberapa penyebab Hipertiroid:

GRAVE'S DISEASE
Situasi yang disebabkan oleh adanya gangguan di sistem imun tubuh dimana zat antibodi menyerang kelenjar tiroid, sehingga menstimulasi kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon tiroid terus menerus.
Graves’ disease lebih banyak ditemukan di wanita daridi pria, gejalanya bisa muncul di berbagai usia, terutama di usia 20 – 40 tahun. Faktor keturunan juga bisa mempengaruhi terjadinya gangguan di sistem kekebalan tubuh, yaitu dimana zat antibodi menyerang sel dalam tubuh itu sendiri.

NODULAR THYROID DISEASE
Di situasi ini biasanya ditandai dengan kelenjar tiroid membesar dan tidak disertai dengan rasa nyeri. Penyebabnya belum diketahui. Tetapi umumnya Muncul seiring dengan bertambahnya usia.

SUBACUTE THYROIDITIS
Ditandai dengan rasa nyeri, pembesaran kelenjar tiroid dan inflamasi, dan mengakibatkan produksi hormon tiroid dalam jumlah besar ke dalam darah.

POSTPARTUM THYROIDITIS
Muncul di 5 – 10% wanita di 3 – 6 bulan pertama setelah melahirkan dan terjadi selama 1 -2 bulan. Umumnya kelenjar akan kembali normal secara perlahan-lahan.

Walaupun ada beberapa jenis situasi hipertiroid, umumnya setiap pasien merasakan gejala yang sama. Dikarenakan metabolisme tubuh meningkat, pasien biasanya merasakan panas dan berkeringat lebih banyak dibandingkan orang lain. Mereka merasa kelelahan namun sulit tidur.Tangan gemetaran dan denyut jantung tidak normal. Di beberapa kasus, pasien juga mengalami sesak napas, nyeri di dada dan otot terasa lemas.
Gejala di tiap orang berbeda-beda. Meskipun sebagian besar gejala hipertiroid cukup mengganggu, namun sebagian besar tidak mengancam nyawa, kecuali bagi penderita penyakit jantung. Di kasus ini, hipertiroid yang tidak ditangani dengan baik bisa berdampak buruk bagi jantung, dan bisa menyebabkan gagal jantung, detak jantung yang tidak normal atau ritme jantung tidak normal. Hipertiroid bahkan bisa menyebabkan osteoporosis.



Beberapa Gejala Hipertiroid
1. Sering merasa gelisah atau agit
2. Emosi yang kurang stabil.
3. Mengalami susah tidur atau insomnia.
4. Jantung yang sering berdebar cepat tidak     seperti biasanya.
5. Merasa gugup dan lebih cepat lelah.
6. Rambut rontok.
7. Sering mengeluarkan keringat.
8. Berat badan turun meskipun Anda makan     dengan porsi yang tetap bahkan lebih           banyak.
9. Buang air besar lebih banyak atau diare.
10. Bola mata menonjol seperti mata membengkak ataupun kelopak mata turun.
11.  Pada wanita, haid tidak teratur.

Cara Mengatasi Hipertiroid

Jika gejala diatas sedang Anda alami, hubungi segera dokter Anda. Ada pilihan terapi yang biasanya cocok diberikan untuk penderita hipertiroid yaitu, yodium radioaktif, obat antitiroid, dan pembedahan. Yodium radioaktif dan obat antitiroid adalah yang paling sering umum untuk digunakan. Pengobatan terbaik yang cocok untuk Anda akan tergantung di sejumlah hal, termasuk faktor usia Anda.

Beberapa orang mungkin saja membutuhkan lebih dari satu jenis perawatan. Jika tidak melakukan pengobatan, hipertiroid bisa menyebabkan masalah yang cuk upserius seperti masalah jantung, masalah tulang, dan thyroid storm (badai tiroid). Apabila gejalanya sudah tidak mengganggu, anda masih perlu melakukan perawatan atau terapi dari dokter.

Itulah gejala hipertiroid dan cara mengatasi hipertiroid. Terima kasih dan semoga bermanfaat bagi Anda.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Untitled Design by Manuel Sigiro | Powered by Paket Jasa SEO