Rabu, 11 Maret 2015

Puluhan siswa SMP & SMA terancam tidak bisa mengikuti UN karena tidak mempunyai seragam

Nuelnews.blogspot.com - Puluhan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Yayasan Kesejahteraan Masyarakat Aceh (Yakesma) terancam tidak bisa mengikuti Ujian Nasional (UN) yang akan dislaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 16 Maret 2015 untuk pelajar SMA dan Awal bulan April 2015 untuk pelajar SMP.

Yakesma adalah yayasan yang dibentuk untuk menampung anak-anak yang kurang mampu, anak yatim dan juga korban konflik dari seluruh Aceh dan bahkan ada dari Sumatera Barat, Medan. Yayasan ini berdiri sejak tahun 2012 lalu atas bantuan Australia dan akhir Desember 2014 lalu pendanaan dari donatur telah dihentikan.

Alfiatunnur (Ketua Yakesma) yang akrab disapa Dedek mengatakan, kendala pertama sekolah yang dia pimpin belum keluar surat izin operasional dari Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Besar. Meskipun sudah beberapa kali dilakukan pengajuan agar bisa membuat UN sendiri.

Karena belum ada izin operasional, anak didiknya yang sudah duduk di kelas IX dan kelas XII akan menghadapi UN, namun sekolahnya tidak dapat menyelenggarakan UN, sehingga harus ikut UN di SMA Negeri 1 Baitussalam, Kecamatan Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar, ucap Dedek.

"Karena sekolah kami belum keluar surat izin operasional, makanya kami harus mengikuti UN di SMU Negeri 1 Baitussalam, kami kami butuh seragam sesuai dengan seragam sekolah tersebut, karena seragam kita berbeda dengan sekolah lain," kata Ketua Yakesma, Alfiatunnur, Rabu (11/3).

Kata Dedek, sebelumnya Yakesma memiliki donatur untuk membiayai seluruh biaya pendidikan anak didik di yayasan tersebut. Setiap bulannya pihaknya menghabiskan anggaran Rp 570.000 hanya untuk akomodasi, itu belum termasuk pakaian seragam, sekarang kami kekurangan dana, hanya ada dana bantuan pribadi, namun belum menutupi kekurangan anggaran.

Meskipun begitu, Dedek mengaku tidak akan putus asa untuk mencari bantuan dari pihak manapun untuk mendapatkan bantuan baju seragam untuk siswa Yakesma. "Kami akan melakukan apapun, agar mereka (siswa) bisa mengikuti UN nanti" Tegas Dedek.

Kepala Sekolah SMP dan SMA Yakesma, Nazliati mengatakan, Yakesma memiliki siswa SMP 27 orang dan SMU 20 siswa. Sedangkan yang akan mengikuti UN untuk SMP 18 siswa dan SMA 10 orang.

"Sudah ada baju seragam untuk SMU 7 orang dan sisanya 3 orang, sedangkan untuk siswa SMP belum ada baju seragam, jadi kami pihak sekolah cari bantuan mulut ke mulut maupun melalui broadcast BBM," tegas Nazliati.

Sedangkan pemerintah menurunkan bantuan sama sekali, terutama Pemerintah Kabupaten Aceh Besar.  "Belum ada bantuan dari pihak Pemerintah Aceh Besar, besar harapan kami pemerintah bisa memperhatikan yayasan ini," tutupnya.

2 komentar:

  1. ijin copast bolh nggk gann bwt d FP ane :)

    BalasHapus
  2. Silahkan Gan :) kalo boleh kasih sumbernya ya hehehe :v

    BalasHapus

 

Copyright © Untitled Design by Manuel Sigiro | Powered by Paket Jasa SEO